Jumat, 29 Juni 2012

manusia dan harapan


Manusia dan Harapan

Manusia adalah makhluk sosial yang seperti kita ketahui manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Manusia memerlukan manusia lainnya untuk kelangsungan hidup. Setiap manusia juga mempunyai cita-cita dan harapan. Tentu saja harapan mereka berbeda beda, dan kita semua pun pastinya mempunyai harapan bukan? Harapan yang kita miliki merupakan doa, kita berharap harapan yang kita miliki dapat terwujud bukan?
Harapan
 Setiap manusia mempunyai harapan. Manusia yang tanpa harapan berarti manusia itu mati dalam hidup. Orang yang akan meninggal sekalipun mempunyai harapan, biasanya berupa pesan-pesan kepada ahli warisnya. Harapan bergantung paa pengetahuan, pengalaman, lingkungan hidup dan kemampuan masing-masing. Berhasil atau tidaknya suatu harapan tergantung pada usaha orang yang mempunyai harapan. Harapan harus berdasarkan kepercayaan, baik kepercayaan pada diri sendiri, maupun kepercayaan kepada Tuhan yang maha esa. Agar harapan terwujud, maka perlu usaha dengan sungguh-sungguh. Bila dibandingkan dengan cita-cita, maka harapan mengandung pengertian tidak terlalu muluk, sedangkan cita-cita pada umumnya perlu setinggi bintar. Antara harapan dan cita-cita terdapat persamaan yaitu : keduanya menyangkut masa depan karena belum terwujud, pada umumnya. dengan cita-cita maupun harapan orang menginginkan hal yang lebih baik atau meningkat.
Menurut kodratnya manusia itu adalah mahluk sosial. Setiap lahir ke dunia langsung disambut dalam suatu pergaulan hidup, yakni ditengah suatu keluarga dan anggota masyarakat lainnya. Ada dua hal yang mendorong manusia hidup dalam pergaulan manusia lain yaitu dorongan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup.
Menurut Maslow sesuai dengan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup itu maka manusia mempunyai harapan. Pada hakekatnya harapan itu adalah keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sesuai dengan kodratnya harapan manusia atau kebutuhan manusia itu adalah :
1. kelangsugnan hidup
2. keamanan
3. hak dan kewajiban mencintai dan dicintai
4. diakui lingkungan
5. perwujudan cita-cita
Dengan adanya harapan manusia dapat menjalankan kehidupan mereka dengan baik, karena harapan termasuk dengan doa yang biasa kita panjatkan baik setelah ibadah maupun setiap lisan yang keluar dari mulut kita. Harapan yang kita miliki berharap bisa terkabul dan didengar oleh Tuhan kita, tergantung dari harapan yang kita minta. Tentunya harapan tidaklah hanya sekedar harapan, harapan harus diiringi dengan usaha karena harapan termasuk juga dengan doa yang kita panjatkan setiap harinya.
Harapanku kali ini : hidup bisa berjalan dengan lancar dan menjadi wanita yang sukses dikemudian hari J

1 komentar: