Kamis, 11 Oktober 2012

organisasi karang taruna



PENDAHULUAN

Menurut dari ketiga para ahli organisasi ada 3 definisi, menurut Stoner organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui orang-orang dibawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama, menurut James D.Mooney organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama. Menurut Chester I. Bernard organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan dua orang atau lebih, seperti beberapa definisi yang disampaikan dari para ahli hampir mirip sebenarnya, sama sama mencapai tujuan tertentu bukan? Jadi menurut mereka organisasi sekumpulan orang yang saling bekerja sama untuk mecapai suatu tujuan. Mari kita lebih detail lagi membahas apa itu organisasi sebenarnya.











PEMBAHASAN

Pertama kita akan membahas pengertian dari organisasi sendiri, pengertian organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.
Pengertian pengorganisasian itu sendiri adalah merupakan fungsi kedua dalam Manajemen dan pengorganisasian didefinisikan sebagai proses kegiatan penyusunan struktur organisasi sesuai dengan tujuan-tujuan, sumber-sumber, dan lingkungannya. Dengan demikian hasil pengorganisasian adalah struktur organisasi.
Berikut ini adalah pengertian dari struktur organisasi susunan komponen-komponen dalam organisasi. Struktur orangisasi menunjukkan adanya pembagian kerja dan menunjukkan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan tersebut.
Seperti yang telah dijelaskan apa itu organisai apa itu pengorganisasian dan struktur organisasinya, disini saya akan membahas organisasi dalam karang taruna. Tentunya kalian pernah mendengar kegiatan tersebut bukan? Ya, pasti kalian pernah mendengar kegiatan tersebut apalagi kalian masih remaja, kalian pasti pernah mendengar atau kalian ada yang pernah mengikuti kegiatan tersebut? Contohnya saya, saya pernah mengikuti kegiatan tersebut dirumah, jumlah nya tidak banyak sih pengikutnya hanya kalangan remaja saja yang mengikuti kegiatan ini. Didalam organisasi karang taruna dirumah saya hanya beranggotakan 20 orang saja, didalam kegiatan ini kita mempunyai struktur organisasi tentunya, ada yang menjabat sebagai ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, humas, sampai keamanan pun ada. Saya akan jelaskan maisng-masing jabatannya, ketua biasanya mengatur anggotanya agar kegiatan ini berjalan dengan lancar dan wakil ketua tugasnya membantu ketua agar kegiatan ini lebih kondusif lagi tentunya, tentu saja bagian mencatat dijabat oleh sekretaris dan bagian mengatur uang seperti uang kas dan sebagainya dijabat oleh bendahara. Nah, bagian yang pernah saya jabat sebagai humas, humas ini bertugas menyampaikan kewarga apabila sewaktu-waktu kita ada acara seperti 17-an lomba –lomba dan sebagainya, dan jabatan yang terakhir adalah keamanan, disini keamanan hanya menjaga-jaga saja agar dalam pertemuan tidak terjadi kisruh atau beda pendapat. Seperti yang sudah saya jelaskan semua organisasi tidak hanya ada dikalangan luar sana, didalam keluarg oun juga termauk organisasi. Organisasi sangatlah dibutuhkan sebenarnya, karena organisasi merupakan suatu komunikasi juga. Apabila tidak terciptanya suatu organisasi didunia ini bisa kita bayangkan bagaimana hidup bisa berjalan tanpa adanya organisasi.










KESIMPULAN

Seperti yang sudah saya sampaikan tadi, organisasi merupakan suatu kumpulan banyak orang yang mempunyai tujuan yang sama, organisasi merupakan suatu hal yang sangat penting menurut saya, selain banyak manfaat dari organisasi yang kita ikuti kita pun banyak pengalaman, banyak mengetahui informasi, komunikasi dengan orang banyak dan juga lebih berwawasan luas karena telah bertemu dengan orang yang berbeda dan juga watak yang berbeda, jadi menurut saya organisasi itu suatu kegiatan yang bisa kita ikuti dimana saja tanpa batas dan mempunyai tujuan yang sama.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar