PERAN
KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
Organisasi
dan Komunikasi Istilah organisasi berasal dari bahasa Latin organizare, yang
secara harfiahberarti paduan dari bagian-bagian yang satu sama lainnya saling
bergantung. EveretM.Rogers dalam bukunya Communication in Organization,
mendefinisikanorganisasi sebagai suatu sistem yang mapan dari mereka yang
bekerja sama untukmencapai tujuan bersama, melalui jenjang kepangkatan, dan
pembagian tugas. Robert Bonnington dalam buku Modern Business: A Systems
Approach,mendefinisikan organisasi sebagai sarana dimana manajemen
mengoordinasikansumber bahan dan sumber daya manusia melalui pola struktur
formal dari tugas-tugasdan wewenang. Sedangkan untuk istilah komunikasi
(communication) berasal dari Bahasa Latincommunicatus yang berarti ”berbagi”
atau “menjadi milik bersama”. Dengan demikian, kata komunikasi menurut kamus
bahasa mengacu pada suatu upaya yangbertujuan untuk mencapai kebersamaan.
Menurut Webster New Collogiate Dictionarydijelaskan bahwa komunikasi adalah
suatu proses pertukaran informasi di antaraindividu melalui sistem
lambang-lambang, tanda-tanda atau tingkah laku.Hovland, Janis & Kelley
menjelaskan bahwa komunikasi adalah suatu proses melaluimana seseorang
(komunikator) menyampaikan stimulus (biasanya dalam bentuk kata-kata) dengan
tujuan mengubah atau membentuk perilaku orang-orang lainnya(khalayak).
Sedangkan Berelson & Steiner berpendapat bahwa komunikasi adalahsuatu
proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keahlian, dan lain-lain
melaluipenggunaan simbol-simbol seperti kata-kata, gambar, angka-angka, dan
lain-lain.
Ada
3 model komunikasi:
1. model komunikasi linier
One way communication, dalam model ini komunikator memberi suatu stimuli
& komunikan melakukan respon yang diharapkan tanpa mengadakan seleksi & interpretasi.Komunikasi
bersifat monolog
2. model komunikasi interaksional
Sebagai kelanjutan dari model pertama, pd tahap ini
sudah terjadi feedback.Komunikasi yg berlangsung bersifat dua arah & ada
dialog.Tiap partisipan memiliki peran ganda, satu saat bertindak sbg
komunikator, pd saat yg lain sbg komunikan.
3. model komunikasi transaksional
Komunikasi
dipahami dlm konteks hubungan antara dua orang atau lebih.Pandangan ini
menekankan bahwa semua perilaku adalah komunikatif.
Tidak ada satupun yg tidak dapat dikomunikasikan.
Fungsi
Komunikasi dalam Organisasi :
1.
DOWNWARD COMMUNICATION
·
Pemberian
atau penyimpanan instruksi (job instruction)
·
Penjelasan
dari pimpinan tentang mengapa suatu tugas perlu untuk dilaksanakan (job
retionnale)
·
Penyampaian
informasi mengenai peraturan yang berlaku (procedures & practices)
·
Pemberian
motivasi kepada karyawan untuk bekerja lebih baik.
2.
UPWARD COMMUNICATION
·
Penyampaian
informasi tentang pekerjaan atau tugas yang sudah dilaksanakan.
·
Penyampaian
informasi tentang persoalan pekerjaan atau tugas yg tidak dapat diselesaikan
bawahan
·
Penyampaian
saran-saran perbaikan dari bawahan Penyampaian keluhan dari bawahan tentang dirinya
maupun pekerjaannya.
3.
HORIZONTAL COMMUNICATION
·
Memperbaiki
koordinasi tugas
·
Upaya
pemecahan masalah
·
Saling
berbagi informasi
·
Upaya
pemecahan konflik
·
Membina
hubungan melalui kegiatan bersama
Fungsi
komunikasi dalam organisasi :
1. FUNGSI INFORMATIF
·
Dalam
mengatur suatu organisasi, kekuasan dan kewenangan tidak akan selalu membawa
hasil sesuai dengan yg diharapkan.
·
Banyak
pimpinan lebih suka untuk mempersuasi bawahannya daripada memberi perintah
2. FUNGSIREGULATIF
·
Setiap
organisasi berusaha menyediakan saluran yang memungkinkan karyawan dapat
melaksanakan tugas & pekerjaan dengan baik.
·
Pelaksanaan
komunikasi ini dapat menumbuhkan keinginan untuk berpartisipasi yg lebih besar
dlm diri karyawan terhadap organisasinya.
3. FUNGSI PERSUASIF
·
Dalam
mengatur suatu organisasi, kekuasan dan kewenangan tidak akan selalu membawa
hasil sesuai dengan yg diharapkan.
·
Banyak
pimpinan lebih suka untuk mempersuasi bawahannya daripada memberi perintah
4. FUNGSI INTEGRATIF
·
Setiap
organisasi berusaha menyediakan saluran yang memungkinkan karyawan dapat
melaksanakan tugas & pekerjaan dengan baik.
·
Pelaksanaan
komunikasi ini dapat menumbuhkan keinginan untuk berpartisipasi yg lebih besar
dlm diri karyawan terhadap organisasinya.
Gaya
komunikasi :
·
Gaya
komunikasi (communication style) didefinisikan sbg seperangkat perilaku
antar pribadi yang terspesialisasi, yang digunakan dlm suatu situasi tertentu (a
specialized set of interpersonal behaviors that are used in a given situation)
·
Masing-masing
gaya komunikasi terdiri dari sekumpulan perilaku komunikasi yg dipakai untuk
mendapat respon atau tanggapan tertentu dlm situasi yang tertentu pula.
DAFTAR
PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar